Syarat dan Ketentuan Layanan

Tanggal Efektif : 1 Februari 2021

Dengan menggunakan Layanan dari Plink Market atau layanan apapun lainnya yang disediakan oleh PT Prismalink International, Anda setuju untuk terikat dalam syarat dan ketentuan Layanan Plink Market yang diatur dalam dokumen ini serta perubahan atau perbaikannya yang mungkin dapat dilakukan dikemudian hari (“Ketentuan Layanan”).

Plink Market berhak untuk mengubah dan memperbaharui Ketentuan Layanan pada halaman situs Plink Market. Anda dapat melihat perubahan atau perbaikan Ketentuan Layanan dari waktu ke waktu di https://market.plink.co.id/terms.  Anda disarankan untuk melihat perubahan atau pembaruan Ketentuan Layanan dari waktu ke waktu yang mungkin akan berdampak kepada Anda.

Pastikan Anda membaca dan mengerti Ketentuan Layanan berikut ini sebelum menggunakan Layanan Plink Market.

1. DEFINISI

1.1 “Kami” adalah berarti PT Prismalink International selaku pemilik dan pengelola platform Plink Market.

1.2 “Bank” adalah bank (-bank) yang telah melakukan kerja sama dengan Prismalink dan disebutkan dalam Pasal 11.2 Ketentuan Layanan ini untuk memproses pembayaran atas setiap Transaksi yang dilakukan oleh Pelanggan Anda atau Toko Online berdasarkan ketentuan dalam Ketentuan Layanan.

1.3Aggregator” adalah layanan yang disediakan Prismalink selaku penyedia Layanan Online Payment Solution dimana Prismalink berperan sebagai penyedia sistem pembayaran dan untuk mengakuisisi Penjual agar Penjual dapat menerima pembayaran Produk yang dijual atau disediakan pada layanan yang disediakan secara online melalui Layanan Plink Market.

1.4 “Akun” adalah akun yang terdaftar di Plink Market untuk mengakses dan menggunakan Layanan Plink Market.

1.5 “Anda” adalah pengguna platform Plink Market yang mengakses Situs Plink Market, baik yang telah terdaftar sebagai Pemilik Akun maupun yang tidak terdaftar sebagai Pemilik Akun.

1.6 ”Biaya Transaksi Bank” adalah biaya administrasi pemrosesan seluruh Transaksi yang dibebankan langsung oleh bank kepada Anda atas transaksi Virtual Account.

1.7 “Biaya Transaksi Prismalink” adalah biaya yang diperuntukan untuk Prismalink atas setiap Transaksi Berhasil yang dilakukan oleh Pelanggan, yang wajib dibayarkan oleh Anda kepada Prismalink atas Transaksi Berhasil dengan besaran sebagaimana diatur pada Pasal 2 Ketentuan Layanan ini.

1.8 “Catatan Elektronik” adalah catatan yang dibuat, dikomunikasikan, diterima atau disimpan dengan alat elektronik, magnetis, optik, atau alat lain dalam sebuah sistem informasi untuk dikirimkan dari satu sistem informasi ke sistem informasi lainnya.

1.9 “Domain” adalah lokasi dari situs web, yang sepenuhnya merupakan milik Plink Market. Pemilik Akun hanya mempunyai hak untuk menggunakan Domain selama terdaftar pada Plink Market.

1.10 ”Hari dan Jam Kerja” berarti hari selain hari Sabtu, Minggu dan hari libur resmi Nasional sebagaimana diumumkan oleh Pemerintah Indonesia, hari dimana bank-bank di Indonesia buka untuk melakukan kegiatan usahanya, dengan jam kerja pukul 09.00 – 18.00 WIB.

1.11 “Layanan Online Payment Solution” adalah layanan penyediaan aplikasi sistem pembayaran online (internet payment gateway) yang diberikan oleh Prismalink kepada Anda untuk menerima pembayaran virtual account dan Indomaret di internet melalui Infrastruktur teknologi informasi serta perangkat keamanan milik Prismalink untuk memastikan transmisi dan data transaksi yang cepat, handal dan aman.

1.12 “Layanan Plink Market” adalah penyediaan jasa oleh Plink Market berupa halaman website bagi Toko Online, alamat Domain, dan layanan terkait lainnya untuk membantu dan mendukung Toko Online dalam penjualan barang dagangan kepada Pelanggan.

1.13 “Materi” meliputi foto, gambar, video, grafik, konten tertulis, file audio, kode, informasi, atau data yang diunggah, diunduh, dikumpulkan, dihasilkan, disimpan, ditampilkan, didistribusikan, dikirimkan atau dipamerkan pada atau sehubungan dengan Akun Anda.

1.14 “Pelanggan” adalah setiap individu atau entitas lainnya yang melakukan pembelian Produk yang dijual atau disediakan pada layanan yang disediakan secara online melalui Toko Online Anda yang menggunakan Layanan Plink Market.

1.15 “Pelanggaran” adalah setiap bentuk tindakan tidak memenuhi ketentuan menurut Ketentuan Layanan ini, termasuk tetapi tidak terbatas pada pelanggaran berat yang meliputi tindakan fraud yang dilakukan oleh salah satu Pihak, penyalahgunaan data, memberikan dan atau menyebarluaskan informasi rahasia, menduplikasi dan/atau menjiplak sistem dan database sistem untuk kepentingan pihak ketiga tanpa sepengetahuan Pihak lainnya.

1.16 “Pemilik Akun” adalah setiap orang, pribadi maupun badan usaha yang terdaftar sebagai pemilik Akun di Plink Market.

1.17 “Penjual” adalah setiap individu atau entitas lainnya yang melakukan penjualan Produk pada Toko Online yang menggunakan Layanan Plink Market.

1.18 “Plink Market” adalah suatu bentuk platform yang menawarkan solusi untuk melakukan kegiatan operasional online shop. Plink Market bukan merupakan sebuah marketplace.

1.19 “Prasarana Piranti Lunak” adalah aplikasi piranti lunak untuk sistem pembayaran online (internet payment gateway) yang dimiliki, dikembangkan, dan dilisensikan kepada Prismalink dan terletak pada Server Prismalink, yang digunakan oleh Prismalink untuk memberikan Layanan Online Payment Solution

1.20 “Produk” adalah barang dan/atau jasa, yang diiklankan atau ditawarkan oleh Anda melalui Toko Online yang menggunakan Layanan Plink Market.

1.21 “Server” adalah perangkat komputer termasuk acuan pada suatu aplikasi piranti lunak atau sistem berkas atau basis data yang terdapat pada komputer tersebut yang dimiliki dan dikendalikan oleh Prismalink.

1.22 “Situs Plink Market” adalah market.plink.co.id

1.23 “Toko Online” adalah setiap toko online yang terdaftar di Plink Market dan menggunakan Layanan Plink Market.

1.24 “Transaksi” adalah pembelian Produk yang dijual atau disediakan oleh Penjual melalui Toko Online yang dibeli oleh Pelanggan secara online pada Toko Online Anda dimana untuk pembayarannya akan menggunakan salah satu cara pembayaran yang telah disediakan oleh Prismalink sesuai dengan Pasal 2. Ketentuan Layanan ini.

1.25 “Transaksi Berhasil” adalah suatu Transaksi yang berhasil dan sukses dilakukan oleh Pelanggan dan Penjual dimana Pelanggan dan Penjual akan mendapatkan notifikasi (baik email dan/atau SMS) sebagai bukti transaksi telah berhasil dilakukan.

2. SYARAT AKUN

2.1 Anda harus berusia 18 tahun yang dapat dibuktikan dengan kepemilikan Kartu Tanda Penduduk (“KTP”).

2.2 Untuk dapat mengakses dan menggunakan Layanan Plink Market, Anda harus mendaftar di Plink Market dengan memberikan nomor telepon, alamat email, nomor KTP serta data lainnya yang diperlukan. Plink Market dapat menolak atau membatalkan Akun yang Anda buat dengan alasan apapun sesuai dengan kebijakan dari pihak Plink Market.

2.3 Anda menjamin bahwa alamat email dan nomor telepon yang Anda berikan adalah sebagai metode utama berkomunikasi.

2.4 Anda bertanggung jawab untuk menjaga kerahasiaan dan keamanan kata sandi Plink Market tidak akan bertanggung jawab atas kerugian, kerusakan atau kehilangan apapun dari kegagalan Anda menjaga keamanan kata sandi Anda.

2.5 Anda menyatakan bahwa Anda bertanggung jawab penuh atas semua materi seperti data, foto, link (tautan), video, grafis, copywriting terkait dengan akun Plink Market Anda serta semua aktivitas yang Anda lakukan sehubungan dengan penggunaan layanan dan materi. Anda tidak diperbolehkan untuk mengunggah dokumen ataupun kode yang bersifat merusak atau mengandung virus.

2.6 Plink Market tidak akan meminta password ataupun kode One Time Password (“OTP”) terkait dengan akun Anda dengan alasan apapun, oleh karena itu, pastikan Anda tidak memberikan kata sandi ataupun kode OTP akun Anda kepada pihak manapun, baik itu pihak yang mengatasnamakan Plink Market atau pihak ketiga lainnya.

2.7 Jika terdapat pelanggaran dalam hal apapun dalam Ketentuan Layanan ini, sebagaimana ditentukan berdasarkan kebijaksanaan Plink Market, Plink Market berhak untuk melakukan penghentian Layanan akun Anda.

3. AKTIVASI AKUN

3.1 Pihak yang melakukan pendaftaran untuk Layanan Plink Market merupakan Pemilik Akun, untuk tujuan Ketentuan Layanan ini menjadi orang yang memiliki wewenang untuk menggunakan akun.

3.2 Jika Anda membuat akun untuk perusahaan Anda, Pemilik Akun adalah perusahaan Anda. Jika Anda membuat akun untuk perusahaan atau organisasi Anda, maka Anda menjamin bahwa Anda memiliki wewenang untuk mengikat pihak yang berwenang dalam perusahaan Anda dengan Ketentuan Layanan ini.

3.3 Pemilik Akun wajib memvalidasi alamat email yang digunakan untuk mendaftar setelah pembuatan akun. Jika Pemilik Akun belum memvalidasi alamat email, maka akun akan diblokir sementara hingga selesai proses validasi tersebut.

4. KETENTUAN UMUM

4.1 Anda wajib membaca, menyetujui dan menerima semua Ketentuan Layanan yang terkandung dalam Ketentuan Layanan ini serta Kebijakan Privasi pada Plink Market sebelum Anda menjadi pengguna Plink Market.

4.2 Ketentuan Layanan ini diatur oleh dan ditafsirkan sesuai dengan hukum yang berlaku di negara Republik Indonesia.

4.3 Anda menyetujui bahwa Plink Market dapat mengubah Ketentuan Layanan ini setiap saat dengan menerbitkan ulang Ketentuan Layanan yang tersedia pada Situs Plink Market dan perubahan tersebut berlaku sejak tanggal diterbitkan pada situs Plink Market. Dengan terus menggunakan Layanan Plink Market setelah perubahan Ketentuan Layanan ini, berarti Anda menyatakan setuju dan menerima Ketentuan Layanan yang telah diubah dari waktu ke waktu. Jika Anda tidak menyetujui perubahan Ketentuan Layanan Plink Market, Anda dapat berhenti menggunakan Layanan Plink Market.

4.4 Anda tidak diperbolehkan menggunakan Layanan Plink Market untuk tujuan illegal, penipuan, atau dan Pelanggan Anda (termasuk tetapi tidak terbatas pada undang-undang mengenai hak cipta), atau hukum di Indonesia saat menggunakan Layanan Plink Market.

4.5 Anda setuju akan mematuhi semua hukum, aturan dan peraturan dalam penggunaan Layanan Plink Market

4.6 Anda setuju jika terdapat tindakan hukum ataupun sengketa yang mungkin timbul dari dan berhubungan dengan atau berada dalam bagian manapun yang berhubungan dengan Layanan Plink Market, penggunaan Layanan Plink Market dan Ketentuan Layanan ini akan diselesaikan secara eksklusif dalam yuridiksi pengadilan negara Republik Indonesia dan menunjuk kantor kepaniteraan Pengadilan Negeri Jakarta Pusat sebagai domisili hukum yang tepat untuk menyelesaikan sengketa atau perselisihan tersebut.

4.7 Anda menyetujui atas penerimaan setiap catatan elektronik, dan setiap salinan atau output komputer tersebut berlaku sebagai bukti pada suatu pengadilan di Indonesia atau proses hukum lain.

4.8 Anda setuju untuk tidak menyalin, meniru, menjual, menjual kembali atau memanfaatkan bagian dari Layanan Plink Market, penggunaan atau akses ke Layanan tanpa izin tertulis dari Plink Market.

4.9 Anda mengakui bahwa segala konsekuensi dari tindakan yang bertujuan ilegal, penipuan, tidak sah atau melanggar hukum adalah tanggung jawab serta resiko dari Anda sendiri. Anda mengakui dan menyetujui bahwa Plink Market tidak bertanggung jawab atas konsekuensi dari tindakan yang Anda lakukan. Jika Anda menggunakan Layanan Plink Market untuk tujuan ilegal, penipuan, pelecehan, kekerasan, pemfitnahan atau tindakan yang tidak sah lainnya, maka Anda setuju bahwa Plink Market dapat menyerahkan kepada pihak berwenang penegak hukum tanpa pemberitahuan kepada Anda dan mengakhiri akun Anda tanpa pemberitahuan atau pertanggungjawaban kepada Anda atau pihak ketiga manapun.

4.10 Anda tidak akan membeli layanan iklan untuk mesin pencari atau membayar per kata kunci klik atau nama domain apapun yang mengandung nama Plink Market/Prismalink/Prismalink International, merek dagang Plink Market/Prismalink/Prismalink International/Plink, variasi atau salah ejaan dari Plink Market Prismalink/Prismalink International/Plink dan/atau kata, kalimat, maupun logo yang memiliki persamaan pada pokoknya dengan merek dagang Plink Market atau produk lainnya dari PT Prismalink International.

4.11 Layanan Plink Market memungkinkan Anda mengirimkan informasi tertentu kepada Pelanggan Anda melalui email (misal, informasi pemberitahuan pembayaran pesanan melalui email). Anda hanya dapat menggunakan Layanan email marketing sesuai dengan Ketentuan Layanan Layanan Plink Market.

4.12 Anda mengakui dan menyetujui bahwa penggunaan Layanan Plink Market, termasuk informasi yang dikirimkan ke atau disimpan oleh Plink Market, diatur dalam Kebijakan Privasi pada Situs Plink Market (https://market.plink.co.id/privacy).

4.13 Anda wajib menanggung pajak atau beban apapun yang timbul sehubungan dengan penjualan barang di Toko Online Anda yang menggunakan Layanan Plink Market.

4.14 Pertanyaan-pertanyaan yang timbul sehubungan dengan Ketentuan Layanan ini dapat dikirimkan ke alamat email support@plink.co.id.

4.15 Jika terdapat ketentuan, atau bagian dari ketentuan dalam Ketentuan Layanan ini, dengan alasan apapun menjadi tidak sah, tidak berlaku, atau tidak dapat dilakukan dalam semua hal, maka tidak sah-nya, ilegalitas, atau tidak dapat dilakukannya ketentuan tersebut tidak akan mempengaruhi ketentuan lain pada Ketentuan Layanan ini, dan Ketentuan Layanan ini akan tetap ditafsirkan sebagaimana ketentuan yang tidak sah, tidak legal, atau tidak dapat dilakukan tersebut tidak pernah ada dalam Ketentuan Layanan ini.

4.16 Anda menyetujui bahwa Materi Toko Anda (tidak termasuk informasi kartu kredit) dapat dipindahkan dan diikutsertakan: (a) transmisi melalui berbagai jaringan; (b) perubahan untuk menyesuaikan kebutuhan-kebutuhan agar jaringan-jaringan ataupun perangkat-perangkat dapat disambungkan. Informasi kartu kredit selalu terenkripsi saat dikirimkan melalui jaringan.

4.17 Anda mengerti dan menyetujui bahwa penggunaan Layanan Plink Market Anda, termasuk informasi yang terkirim atau tersimpan oleh Prismalink tunduk pada ketentuan Kebijakan Privasi dan Ketentuan Layanan Plink Market.

5. HAL-HAL ATAU KEGIATAN-KEGIATAN YANG DILARANG

5.1 Berikut ini adalah hal-hal yang dilarang dan tidak boleh Anda lakukan selama menggunakan Situs Plink Market dan/atau Layanan Plink Market:

a. Eksploitasi Anak: Anda tidak diperbolehkan untuk menawarkan dan/atau menjual barang dan/atau jasa dan/atau merilis atau memanfaatkan materi yang mengeksploitasi dan/atau melecehkan anak-anak, termasuk namun tidak terbatas pada gambar-gambar atau pencitraan pelecehan anak atau pelecehan seksual, atau yang memperlihatkan anak-anak secara seksual.

b. Pelecehan, penindasan, pencemaran nama baik dan ancaman: Anda tidak boleh menawarkan dan/atau menjual barang atau jasa, dan /atau merilis atau menampilkan materi, yang melecehkan, menggertak, memfitnah, dan/atau mengancam suatu individu.

c. Materi yang penuh kebencian: Anda tidak diperbolehkan menggunakan Layanan Plink Market untuk mempromosikan dan/atau menyebarkan kebencian atau kekerasan terhadap orang berdasarkan ras, etnis, warna kulit, kebangsaan, agama, usia, jenis kelamin, orientasi seksual, kecacatan, kondisi medis, status veteran, atau bentuk diskriminatif lainnya yang melanggar hak asasi manusia seseorang. Anda tidak boleh memanfaatkan Layanan Plink Market untuk mempromosikan atau mendukung organisasi, platform, atau individu yang: (i) mempromosikan dan atau menyebarkan kebencian dan/atau (ii) mengancam atau menyebarkan kekerasan untuk tetap berlanjut.

d. Aktifitas ilegal: Anda tidak boleh menawarkan dan/atau menjual barang atau jasa, dan/atau merilis atau menampilkan materi, yang bertentangan atau yang menjembatani atau mempromosikan kegiatan yang tidak sesuai hukum negara Republik Indonesia maupun hukum yang berlaku di yuridiksi tempat Anda beroperasi atau melakukan usaha.

e. Hak kekayaan intelektual: Anda tidak boleh menawarkan dan/atau menjual barang atau layanan, dan/atau merilis atau menampilkan materi, yang melanggar hak cipta atau merek dagang orang lain atau hak kekayaan intelektual orang lain, termasuk mencuri, atau menyalin materi milik pihak lain ke dalam toko online Anda.

f. Praktik berbahaya dan menipu: Anda tidak boleh menggunakan Layanan Plink Market untuk menyebarkan malware dan/atau hosting halaman phising. Anda tidak boleh melakukan kegiatan atau mengunggah dan/atau menyebarkan materi yang membahayakan dan/atau mengganggu pengoperasian Layanan Plink Market atau infrastruktur lain dari Plink Market, termasuk penyedia pihak ketiga Plink Market. Anda tidak boleh menggunakan Layanan Plink Market untuk praktik komersial yang menipu dan/atau segala aktivitas yang tidak diperbolehkan oleh hukum atau melanggar peraturan perundang-undangan yang berlaku.

g. Pribadi, kerahasiaan, dan informasi tentang kesehatan yang dilindungi: Anda tidak boleh merilis dan/atau menyebarkan materi apapun yang berisi data yang dapat diidentifikasi secara pribadi, data pribadi yang sensitif, atau data rahasia, seperti nomor kartu kredit, nomor identitas rahasia, atau kata sandi kecuali Anda memiliki izin dari orang yang memiliki data tersebut atau yang memiliki wewenang untuk memberikan persetujuan tersebut. Anda tidak boleh menggunakan Layanan Plink Market untuk mengumpulkan, menyimpan, atau memproses data kesehatan, atau melanggar segala peraturan privasi kesehatan yang berlaku atau undang-undang lain yang berlaku yang mengatur pemrosesan, penggunaan, atau pengungkapan informasi kesehatan yang dilindungi.

h. Anda tidak boleh menawarkan dan/atau menjual barang atau jasa yang dilarang atau dibatasi penjualannya, dan/atau diperlukan surat izin atau sertifikat kelayakan, keamanan dan kesehatan produk dalam penjualannya, termasuk namun tidak terbatas pada senjata tajam, senjata api, narkotika, alkohol, dan obat-obatan atau zat-zat terlarang yang tidak terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia dan/atau Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, tembakau, rokok dan/atau vape, penjualan makhluk hidup, produk ilegal organik, zat-zat berbahaya, cryptocurrency, kegiatan top up open loop dan pemberian layanan dompet digital tanpa memiliki lisensi resmi, kegiatan pemberian pinjaman dan/atau peer to peer lending, kegiatan investasi pasar uang dan pasar modal.

i. Anda dilarang menawarkan dan/atau menjual barang atau jasa dengan model bisnis “buyers club” atau “grup pembelian” yang menjual sebuah produk dengan harga lebih rendah dari harga normal, apabila pembeli membeli bersama-sama dalam suatu grup pembeli.

j. Mencelakakan diri sendiri: Anda tidak diperbolehkan menawarkan barang dan/atau menjual jasa dan/atau merilis atau menyebarkan materi, yang mempromosikan mengenai mencelakakan diri sendiri.

k. Spam: Anda tidak diperbolehkan menggunakan Layanan Plink Market untuk mengirimkan pesan elektronik komersial yang tidak diminta.

l. Organisasi teroris: Anda tidak diperbolehkan menawarkan barang atau jasa, atau merilis atau menyebarkan materi, yang menyiratkan atau mempromosikan dukungan atau pendanaan, atau keanggotaan dalam organisasi teroris.

m. Plink Market dapat sewaktu-waktu dan tanpa pemberitahuan, menghilangkan materi, dan menghentikan atau mengakhiri akun Anda atau akses Anda pada Layanan apabila Anda melakukan kegiatan yang dilarang di atas.

6. HAK PLINK MARKET

6.1 Kami berhak mengubah atau memutuskan Layanan Plink Market karena alasan apapun tanpa pemberitahuan sewaktu-waktu.

6.2 Kami berhak menolak memberikan Layanan kepada siapapun dengan alasan apapun setiap saat dengan memperhatikan ketentuan pada Ketentuan Layanan ini serta Kebijakan Privasi dari Plink Market.

6.3 Kami dapat menghentikan akun yang mengandung materi yang tidak sesuai dengan hukum, mengandung unsur yang kami pikir ilegal, bersifat mengancam, mengandung pornografi, mencemarkan nama baik, memfitnah, kasar, cabul atau hal lainnya yang melanggar hak kekayaan intelektual atau yang menyangkut keamanan dari pihak tertentu.

6.4 Kekerasan tertentu baik secara verbal ataupun tertulis (termasuk ancaman keras atau pungutan) kepada Pelanggan Plink Market, karyawan, anggota ataupun petugas Plink Market, akan mengakibatkan pemutusan akun saat itu juga.

6.5 Plink Market tidak melakukan pemeriksaan materi satu per satu di Toko Online Anda dan kami berhak untuk menolak atau membersihkan materi apapun dari Layanan Plink Market.

6.6 Plink Market berhak menghapus akun dan materi Toko Online Anda saat masa berlaku paket sudah habis.

6.7 Kami berhak untuk memberikan Layanan Plink Market kepada pesaing Anda dan kami tidak menjanjikan ekslusivitas pada segmen pasar tertentu. Anda lebih lanjut mengakui dan menyetujui bahwa karyawan Plink Market mungkin juga adalah pengguna Plink Market atau penjual dan bahwa mereka dapat bersaing dengan Anda. Dalam hal ini mereka tetap tunduk pada Kebijakan Privasi Plink Market dan tidak menggunakan informasi rahasia Anda.

6.8 Plink Market berhak memberikan data Anda kepada pihak berwajib, jika ditemukan adanya hal-hal yang mencurigakan yang melanggar hukum dan/atau peraturan perundang-undangan yang berlaku.

6.9 Jika terjadi perselisihan mengenai kepemilikan akun, kami berhak meminta dokumentasi untuk menentukan atau mengkonfirmasi kepemilikan akun. Dokumentasi dapat mencakup, namun tidak terbatas pada, rangkapan pindaian dari KTP yang dikeluarkan oleh pemerintah, buku tabungan, empat digit terakhir dari kartu kredit, status Anda sebagai karyawan di suatu badan usaha dan data lainnya.

6.10 Plink Market berhak untuk menentukan, dan menjadi pengambil keputusan tunggal, kepemilikan akun yang sah dan mentransfer akun kepada pemilik yang sah. Jika kami tidak dapat menentukan pemilik akun yang sah, Plink Market berhak untuk menonaktifkan sementara akun sampai kesepakatan telah ditentukan antara pihak yang berselisih.

6.11 Plink Market berhak untuk tidak menerima, membatalkan, menghentikan, menangguhkan, mengunci atau mengubah akses ke (atau kendali) akun atau Layanan Plink Market (termasuk hal untuk membatalkan atau memindahkan pendaftaran nama domain) karena alasan apapun (sebagaimana ditentukan oleh Plink Market dalam kebijakannya sendiri dan mutlak), termasuk namun tidak terbatas pada hal-hal berikut ini:

(i) Untuk memperbaiki kesalahan yang dibuat oleh Plink Market saat menawarkan atau memberikan Layanan Plink Market dalam bentuk apapun (termasuk pendaftaran nama domain);

(ii) Untuk melindungi integritas dan stabilitas, dan memperbaiki kesalahan yang dilakukan oleh Plink Market, registrasi nama domain atau registrar;

(iii) Untuk membantu usaha deteksi dan pencegahan penipuan dan penyalahgunaan terhadap Plink Market;

(iv) Untuk mentaati perintah pengadilan terhadap Anda dan/atau nama domain atau situs web Anda dan lokal yang berlaku, serta peraturan hukum (nasional dan internasional) yang berlaku;

(v)Untuk mentaati permintaan penegak hukum, termasuk permintaan panggilan pengadilan;

(vi) Untuk mentaati setiap proses penyelesaian perselisihan yang melibatkan Plink Market;

(vii) Untuk mempertahankan setiap tindakan hukum atau ancaman tindakan hukum tanpa pertimbangan apakah langkah hukum tersebut atau langkah hukum yang terancam akhirnya ditentukan untuk bersama atau tidak berdasar;

(viii) Untuk mencegah tanggung jawab perdata atau pidana dari pihak Plink Market, para pembesar, direktur, dan agennya, serta afiliasi Plink Market, termasuk namun tidak terbatas pada, contoh di mana Anda telah menggugat atau mengancam akan menuntut Plink Market, atau

(ix) Untuk menjawab jumlah keluhan yang berlebihan sehubungan dengan cara apapun ke akun Anda, nama domain, atau materi di situs web Anda yang dapat menghasilkan kerusakan pada bisnis, operasi, reputasi, atau pemegang saham Plink Market.

7. BATASAN TANGGUNG JAWAB

7.1 Anda secara tegas mengerti dan menyetujui bahwa Plink Market tidak bertanggung jawab atas kerugian langsung, tidak langsung, insidental, khusus atau konsekuensial, termasuk namun tidak terbatas pada kerusakan untuk kehilangan keuntungan, kehendak baik, penggunaan data atau kerugian tidak berwujud lainnya yang dihasilkan dari penggunaan atau ketidakmampuan Anda dalam menggunakan Layanan Plink Market.

7.2 Dalam kondisi apa pun Plink Market tidak akan bertanggung jawab atas hilangnya keuntungan atau kerugian khusus, insidental atau konsekuensional yang timbul sehubungan dengan situs Plink Market, Layanan Plink Market atau Ketentuan Layanan ini (termasuk karena kelalaian). Anda setuju untuk mengganti rugi dan melindungi Kami dan induk perusahaan, anak perusahaan, afiliasi, mitra Plink Market, karyawan, direktur, agen, petugas (sebagaimana berlaku) dari klaim atau permintaan apapun termasuk biaya penasihat hukum, penegak hukum yang dibuat oleh pihak ketiga yang dikarenakan atau timbul dari pelanggaran ketentuan layanan Plink Market atau melanggar hukum yang berlaku atau pelanggaran terhadap hak-hak pihak ketiga.

7.3 Anda setuju bahwa penggunaan Anda atas Layanan Plink Market merupakan risiko Anda. Plink Market menyediakan Layanan “sebagaimana adanya” dan “sebagaimana tersedia” tanpa jaminan atau ketentuan apapun baik tersurat, tersirat atau resmi.

7.4 Plink Market tidak menjamin bahwa Layanan Plink Market tidak akan terganggu, tepat waktu, aman, atau bebas dari kesalahan.

7.5 Plink Market tidak menjamin bahwa penghitungan, hasil laporan atau hasil yang diperoleh dari penggunaan Layanan Plink Market akan akurat atau dapat diandalkan.

7.6 Plink Market tidak menjamin bahwa kualitas produk, Layanan Plink Market, informasi atau material lainnya yang dibeli atau diperoleh oleh Anda melalui Layanan Plink Market akan memenuhi harapan Anda, atau bahwa setiap kesalahan dalam Layanan Plink Market akan diperbaiki dalam waktu yang singkat.

7.7 Plink Market tidak bertanggung jawab apabila Anda melanggar hukum, melanggar Ketentuan Layanan atau melanggar pihak ketiga manapun, terutama jika Anda dituntut.

7.8 Plink Market tidak bertanggung jawab kepada Pelanggan atau pihak ketiga mana pun yang mengalami kerugian dari Toko Online, baik mengenai penjualan barang-barang ilegal oleh Toko Online, cacat atau kerusakan dari produk yang dijual oleh Toko Online, penyalahgunaan Toko Online dalam menggunakan Layanan Plink Market, ataupun penipuan yang dilakukan oleh Toko Online kepada Pelanggan atau pihak ketiga atau sebaliknya.

7.9 Plink Market tidak bertanggung jawab atas hal-hal berikut ini:

  • Barang yang dibeli saat diterima ternyata cacat, rusak atau tidak seperti deskripsi yang dituliskan di Toko Online;
  • Pelanggan tidak membayar kepada Toko Online untuk barang yang dibeli;
  • Pelanggan meminta pengembalian dana disebabkan produk yang dibeli cacat, rusak atau tidak sesuai dengan deskripsi produk di website Toko Online. Hal ini sepenuhnya adalah tanggung jawab dari Toko Online untuk melakukan pengembalian dana dan produk dengan Pelanggan.
  • Kebijakan penukaran atau pengembalian produk antara Pelanggan dan Toko Online

7.10 Plink Market tidak akan bertanggung jawab serta mengikuti penyelesaian perselisihan baik di dalam atau pun di luar forum peradilan manapun antara Pelanggan dan Toko Online.

7.11 Plink Market selalu melakukan upaya terbaik sehubungan dengan keamanan dari penggunaan Situs Plink Market, penyaringan akun-akun, validasi data pemilik akun, pengawasan serta peninjauan konten, namun hal ini tidak mengesampingkan kewajiban Anda untuk tetap berhati-hari dalam berkomunikasi dan melakukan transaksi di Toko Online yang menggunakan Layanan dari Plink Market.

7.12 Plink Market tidak bertanggung jawab atas semua kerugian yang terjadi dari penggunaan layanan pihak ketiga yang disebabkan karena kesalahan Anda atau ketidakmampuan Anda untuk menggunakan layanan pihak ketiga. Anda mengerti dan setuju bahwa Anda menanggung semua resiko terkait penggunaan layanan pihak ketiga.

8. KERJA SAMA DENGAN PIHAK KETIGA PENYEDIA LAYANAN

8.1 Untuk mendukung dan melengkapi Layanan Plink Market, Plink Market dapat bekerja sama dengan pihak ketiga penyedia layanan yang menyediakan layanan yang diperlukan, termasuk namun tidak terbatas pada, layanan sistem pengiriman untuk transaksi antara Toko Online dan Pelanggan.

8.2 Dengan menggunakan Layanan Plink Market, Anda menyetujui untuk menggunakan layanan pihak ketiga, Anda menyatakan memberikan persetujuan kepada Plink Market untuk mengirimkan data Anda kepada pihak ketiga penyedia layanan tersebut, dengan tetap memperhatikan Kebijakan Privasi Plink Market.

8.3 Anda mengerti dan setuju bahwa penggunaan layanan pihak ketiga oleh Anda menyebabkan hubungan hukum antara Anda dan pihak ketiga penyedia layanan. Anda setuju untuk terikat pada Ketentuan Layanan dari pihak ketiga penyedia layanan.

8.4 Plink Market selalu mengusahakan kerja sama terbaik dengan pihak ketiga penyedia layanan untuk memberikan layanan terbaik, namun Plink Market tidak menjamin layanan pihak ketiga akan selalu dapat digunakan dan diakses. Dalam hal terjadi kendala sehubungan dengan penggunaan layanan pihak ketiga, anda dapat menghubungi Plink Market melalui alamat email: support@plink.co.id dan kami akan segera melayani keluhan Anda dalam waktu 1(satu) hari kerja sejak laporan kami terima.

9. HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL DAN KONTEN PELANGGAN

9.1 Kami tidak mengklaim hak kekayaan intelektual atas materi yang Anda unggah kepada Layanan Plink Market. Semua materi yang Anda unggah tetap menjadi milik dan tanggung jawab Anda. Anda dapat menghapus Toko Online Anda setiap saat melalui portal merchant yang disediakan.

9.2 Dengan mengunggah materi pada Layanan Plink Market, Anda setuju:

(a) Untuk mengizinkan pengguna internet publik melihat materi yang Anda unggah ke Toko Online Anda;

(b) Untuk memungkinkan Plink Market untuk menyimpan dan menampilkan materi Anda;

(c) Bahwa Plink Market dapat meninjau dan menghapus materi yang Anda unggah pada Layanan Plink Market setiap saat dalam hal materi tersebut melanggar ketentuan dalam Ketentuan Layanan ini.

9.3 Anda merupakan pemilik atas semua materi yang Anda unggah ke Toko Online di Plink market; namun dengan menjadikan Toko Online Anda menjadi publik, Anda setuju untuk mengizinkan orang lain untuk melihat materi pada Toko Online Anda. Anda bertanggung jawab atas kepatuhan terhadap hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku sehubungan dengan materi yang Anda unggah di Toko Online Anda.

9.4 Plink Market memiliki hak dan lisensi non-eksklusif untuk menggunakan nama, merek dagang, merek layanan dan logo yang terkait dengan Toko Online Anda untuk mempromosikan Layanan Plink Market.

9.5 Kami tidak akan memberikan informasi rahasia Anda kepada pihak ketiga, kecuali jika diperlukan dalam proses penyediaan atau peningkatan Layanan Plink Market. Informasi rahasia tidak termasuk informasi yang:

(a) Ada dalam domain publik saat kami menerima informasi tersebut;

(b) Masuk ke dalam domain publik;

(c) Diterima dari pihak lain selain Anda;

(d) Informasi yang diwajibkan oleh hukum untuk diungkapkan.

10. PEMBAYARAN AKUN

10.1 Anda akan membayar biaya yang berlaku untuk akun Anda (“Biaya Langganan”), termasuk tetapi tidak terbatas pada biaya yang berkaitan dengan pengelolaan transaksi dalam akun Anda (“Biaya Transaksi”) dan semua biaya yang berkaitan dengan pembelian produk atau layanan lainnya seperti tema atau paket tambahan email blast atau paket tambahan lainnya (“Biaya Tambahan”). Bersama-sama, Biaya Langganan, Biaya Transaksi, dan Biaya Tambahan disebut sebagai (“Biaya”).

10.2 Biaya Langganan dibayar pada tahap awal pendaftaran dan akan ditagihkan dalam jangka waktu 30 hari atau 1 tahun (“Tanggal Penagihan”), yang ditentukan berdasarkan preferensi Anda.

10.3 Apabila Anda belum membayarkan Biaya Langganan saat akun Anda jatuh tempo, akun akan diblokir sementara sampai Anda melakukan pembayaran.

10.4 Apabila dalam jangka waktu 60 (enam puluh) hari sejak efektif pemblokiran Anda tidak melakukan pembayaran, maka Plink Market akan menghapus data Toko Anda dari sistem kami.

10.5 Anda dengan ini menyetujui untuk memberikan hak kepada Plink Market untuk memotong biaya Transaksi secara langsung untuk setiap transaksi yang terjadi sebelum dana diteruskan ke rekening Anda.

10.6 Semua Biaya termasuk pajak atas penjualan barang dan jasa atau pajak atau biaya lain yang diwajibkan oleh (“Pajak”)

10.7 Anda setuju bahwa semua pembayaran tidak dapat dikembalikan dan semua kesalahan sehubungan pembayaran, termasuk kesalahan memasukkan kode unik atau salah memasukkan nomor rekening adalah diluar dari tanggung jawab Kami.

10.8 Plink Market berhak untuk menutup Akun Anda jika diduga dan/atau terdapat kegiatan Anda yang melanggar ketentuan hukum dan/atau Ketentuan Layanan Plink Market. Dengan demikian, Anda mengerti dan menyetujui bahwa segala kerugian yang diakibatkan dari tindakan tersebut di atas bukan merupakan tanggung jawab Plink Market, termasuk namun tidak terbatas pada kehilangan Layanan Akun Plink Market tanpa pengembalian Biaya Langganan.

10.9 Kelebihan ataupun kekurangan transfer yang tidak sesuai dengan kode unik tidak dapat dilakukan pengembalian atau non-refundable atau mengurangi pembayaran pada paket berikutnya.

10.10 Uang yang secara sengaja atau tidak sengaja dikirim ke rekening Plink Market tidak dapat dikembalikan dengan alasan apapun. Jika terdapat kesalahan pengiriman uang, maka kami akan menambahkan masa berlaku paket bulanan sesuai dengan jumlah uang yang dikirimkan tersebut.

10.11 Kesalahan mengirimkan kode unik atau mengirimkan pembayaran ke invoice yang sudah kadaluarsa, yang menyebabkan diprosesnya pembayaran invoice dari toko / website lain, akan tetap diproses untuk invoice tersebut dan tidak dapat dikembalikan ke pengirim.

10.12 Plink Market tidak memberikan pengembalian dana dalam keadaan apapun.

11. LAYANAN SISTEM PEMBAYARAN

11. 1 Layanan Sistem Pembayaran merupakan fitur standar yang tersedia pada platform Plink Market (“Layanan Pembayaran Plink Market”). Dengan fitur Layanan Pembayaran Plink Market, Toko Online dapat memberikan berbagai cara pembayaran bagi Pelanggan, yaitu: Virtual Account dan Pembayaran di Indomaret.

11.2 Cara kerja Layanan Pembayaran Plink Market adalah sebagai berikut:

  • Dengan menggunakan Layanan Plink Market, Anda menyetujui Plink Market berhak menerima pembayaran penuh Biaya Transaksi untuk setiap transaksi berhasil yang timbul dari setiap transaksi Toko Online.

  • Untuk transaksi Layanan Virtual Account dan Indomaret:

    Plink Market langsung melakukan pemotongan Biaya Transaksi dan/atau biaya-biaya lainnya yang dibutuhkan. Paling lambat pada tanggal 10 setiap bulan berjalan, Plink Market akan mengirimkan bukti pemotongan Biaya Transaksi dan/atau biaya-biaya lainnya yang dibutuhkan serta faktur pajak, dan dengan ini Anda wajib memberikan bukti pemotongan PPh 23.

  • Untuk layanan transaksi Virtual Account metode Aggregator pihak bank akan melakukan pelimpahan dana kepada Plink Market, yang akan dilanjutkan pelimpahan pada rekening Anda dalam periode paling lambat H+3, dengan ketentuan bahwa minimal dana yang ditampung telah mencapai Rp.200.000,- (dua ratus ribu rupiah). Penentuan metode pelimpahan dana dicantumkan pada Pasal 2., dimana interpretasi dari “H” adalah Hari Kerja.

  • Untuk layanan transaksi Indomaret, pihak Indomaret akan melimpahkan dana kepada Plink Market pada H+3, yang akan dilanjutkan pelimpahan pada rekening Anda dalam periode paling lambat H+4, dengan ketentuan bahwa minimal dana yang ditampung telah mencapai Rp.200.000,- (dua ratus ribu rupiah). Penentuan metode pelimpahan dana dicantumkan oleh Prismalink pada Pasal 2., dimana interpretasi dari “H” adalah Hari Kerja.

  • Bila Anda menggunakan rekening yang berbeda dengan rekening Bank yang Anda daftarkan saat membuat Akun, maka Anda akan dikenakan biaya tambahan yaitu biaya transfer dengan besaran nominal yang telah ditentukan oleh masing-masing Bank dan resiko atas keterlambatan uang yang masuk akibat perbedaan rekening bank pengiriman bukan menjadi tanggung jawab Plink Market.

  • Dalam hal terdapat pergantian dan/atau penambahan nomor rekening sebagai tujuan pembayaran selain daripada yang dicantumkan saat pembuatan Akun, maka Pihak yang melakukan pergantian dan/atau penambahan nomor rekening tersebut wajib memberitahukan secara tertulis kepada Pihak lainnya 15 Hari Kerja sebelum dilakukannya perubahan atau penambahan nomor rekening yang dimaksudkan.

  • Seluruh Pajak yang timbul sehubungan dengan pelaksanaan Ketentuan Layanan ini merupakan tanggung jawab dan beban masing-masing Pihak sesuai dengan ketentuan perpajakan.

  • Untuk setiap Layanan Pembayaran Plink Market, pemilik Toko Online akan dikenakan Biaya Administrasi sebagai berikut:
Virtual Account BANKBiaya Transaksi
BCARp 4.000,- per transaksi
MandiriRp 4.000,- per transaksi
BNIRp 4.000,- per transaksi
MaybankRp 4.000,- per transaksi
PermataRp 4.000,- per transaksi
DanamonRp 4.000,- per transaksi
CIMB NiagaRp 4.000,- per transaksi
OCBC NISPRp 4.000,- per transaksi
ATM BersamaRp 4.000,- per transaksi
PrimaRp 4.000,- per transaksi
AltoRp 4.000,- per transaksi
Melalui gerai IndomaretBiaya Indomaret + Rp 2.500,- per transaksi
  • Harga belum termasuk Pajak, yang disetor dan dipotong sesuai peraturan pajak yang berlaku.
  • Merchant bersedia membayar biaya Layanan Plink Market sebesar Rp200.000,- / bulan
    (apabila jumlah transaksi lebih dari 100 transaksi/bulan, maka biaya Layanan ditiadakan)
Metode Pelimpahan DanaBiaya Pelimpahan Dana
AggregatorH+3Sesuai bank
  • Bantuan

 Jika terdapat transaksi dengan status “Belum Dibayar” namun Pelanggan sudah melakukan pembayaran dan mengirimkan bukti pembayaran, maka Toko Online dapat:

Menyampaikan detil transaksi seperti:

  • No Invoice
  • Bukti pembayaran dari Pelanggan
  • Tanggal transaksi dan
  • Nilai transaksi

Atau, menghubungi Helpdesk Prismalink melalui:
Email: helpdesk@plink.co.id
Telepon: (021) 2967 2510 ext. 112
Whatsapp: 0811 8460 080
Dan  menyampaikan detil transaksi seperti diatas.

12. PEMBATALAN DAN PENGHENTIAN LAYANAN

12.1 Anda dapat membatalkan akun Anda dan mengakhiri Ketentuan Layanan ini dengan mengirimkan email ke support@plink.co.id dan mengikuti panduan yang kami berikan di email balasan dari kami. Setelah pengakhiran Layanan Plink Market baik oleh pihak Plink Market maupun oleh Anda dengan alasan apapun:

  • Plink Market akan menghentikan Layanan Plink Market untuk Anda dan Anda tidak tidak akan dapat mengakses akun Anda kembali;

  • Kecuali dinyatakan secara tegas dalam Ketentuan Layanan ini, Anda tidak akan berhak atas pengembalian dana apa pun dari biaya apa pun baik secara pro rata atau cara lainnya.

  • Kami berhak mengubah atau menghentikan Layanan Plink Market Anda untuk alasan apapun dengan pemberitahuan tertulis di kemudian hari. Pengakhiran Layanan tidak mengesampingkan hak atau kewajiban yang timbul sebelum tanggal pengakhiran.

  • Tanpa membatasi jalan keluar lainnya, Plink Market dapat menangguhkan sementara atau mengakhiri Layanan Plink Market Akun Anda apabila Kami mencurigai Anda (dengan keyakinan, penyelesaian, asuransi atau penyelidikan sementara, atau lainnya) terlibat dalam aktivitas penipuan sehubungan dengan Layanan Toko Online yang digunakan.

  • Setelah penghentian Layanan Plink Market, baik oleh pihak Plink Market ataupun oleh Anda, segera Plink Market tidak memiliki kewajiban dan tanggung jawab apapun terhadap Anda berdasarkan Ketentuan Layanan ini.

  • Ketentuan-ketentuan di bawah ini akan tetap berlaku bahkan setelah pengakhiran Ketentuan Layanan ini:

    – BAB 2. Syarat Akun Pasal 2.1, 2.5;
    – BAB 4. Ketentuan Umum Pasal 4.2, 4.3, 4.6;
    – BAB 5. Hal-hal atau kegiatan-kegiatan yang dilarang; dan
    – BAB 7. Batasan Tanggung Jawab, Pasal 7.2.

13. LAYANAN SISTEM PENGIRIMAN

13.1 Layanan Sistem Pengiriman merupakan fitur penghitungan biaya pengiriman otomatis yang merupakan fitur standar dari Plink Market untuk pengguna Layanan Plink Market (“Layanan Sistem Pengiriman Plink Market”). Melalui fitur Layanan Sistem Pengiriman Plink Market, Toko Online dapat membantu Pelanggannya untuk memilih metode pengiriman melalui berbagai penyedia jasa pengiriman paket secara otomatis.

13.2 Dalam memberikan Layanan Sistem Pengiriman Plink Market, Plink Market bekerja sama dengan penyedia layanan pihak Ketiga yang merupakan perusahaan jasa pengiriman terpercaya di Indonesia, yaitu :

  • JNE
  • TIKI
  • POS Indonesia
  • JNT
  • RPX Express
  • ESL Express
  • PCP Express
  • SiCepat
  • Ninja
  • Wahana

(masing-masing disebut “Jasa Pengiriman”)

13.3 Untuk semua aktivitas pengiriman oleh Jasa Pengiriman, Pelanggan akan dikenakan biaya jasa pengiriman (“Biaya Pengiriman”) yang secara otomatis menambah jumlah yang harus dibayar oleh Pelanggan.

14. KETENTUAN LAINNYA

14.1 Plink Market berkomitmen untuk menjaga privasi data pribadi Anda dan data pribadi Pelanggan Anda. Dengan menggunakan Layanan Plink Market, Anda memahami dan menyetujui bahwa pengumpulan, penggunaan dan pengungkapan data oleh Plink Market dari data pribadi ini diatur pada Kebijakan Privasi Plink Market.

14.2 Ketentuan Layanan Plink Market mungkin diubah dan/atau diperbaharui setiap saat tanpa pemberitahuan. Plink Market menganjurkan Anda untuk membaca dengan detail dan memeriksa halaman Ketentuan Layanan ini secara rutin untuk mengetahui perubahan Ketentuan Layanan. Dengan mengunjungi dan menggunakan Layanan Plink Market, Anda dianggap menyetujui semua perubahan-perubahan Ketentuan Layanan dari waktu ke waktu.

14.3 Ketentuan Layanan ini merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan dengan Kebijakan Privasi yang dapat dibaca atau ditemuka pada situs Kami.

Ketentuan Layanan ini dibuat dan diberikan persetujuan secara elektronik oleh para pihak sesuai dengan ketentuan dalam Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik berikut dengan setiap perubahannya dan peraturan-peraturan pelaksananya tanpa adanya paksaan dari pihak manapun juga.

Keamanan

Keamanan

Keamanan

© 2020 Plink Market. All rights reserved.

© 2020 Plink Market. All rights reserved.

© 2020 Plink Market. All rights reserved.